MENGAJUKAN PERMOHONAN AKTIVASI EFIN BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI

Untuk dapat melakukan pendaftaran pada DJP Online atau Sistem Elektronik yang disediakan oleh Penyedia Layanan SPT Elektronik, Wajib Pajak harus mengajukan permohonan aktivasi EFIN. Permohonan ini dilakukan Wajib Pajak dengan menggunakan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN berikut.

Hal ini sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER- 41/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.

efin.png

Wajib Pajak Orang Pribadi dapat mengajukan permohonan aktivasi EFIN dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri. Tidak diperkenankan untuk dikuasakan kepada pihak lain.

2. Wajib Pajak mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

3. Membawa fotokopi dan menunjukkan dokumen asli berupa KTP serta NPWP.

Setelah mendapatkan EFIN dari kantor pajak, Wajib Pajak harus segera mengaktivasi EFIN di DJP Online agar Wajib Pajak bisa mengakses E-Filling untuk menyampaikan SPT Tahunan secara online.

Perlu Wajib Pajak ketahui, EFIN yang tidak diaktivasi setelah 30 hari sejak tanggal permohonan akan tidak berlaku lagi alias hangus.

Untuk mendapatkan EFIN baru, Wajib Pajak harus kembali ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dan melakukan prosedur yang sama.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget